PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CYRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA PESERTA DIDIK KELAS X

Authors

  • Kharisma Idola Arga STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Model Pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC), Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah 1) hasil  belajar ekonomi  yang masih rendah, 2) aktivitas belajar peserta didik yang masih tergolong rendah, 3) proses pembelajaran yang terjadi cenderung masih transfer informasi dari guru ke peserta didik, bukan dari usaha peserta didik itu sendiri.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Natar yang berjumlah 38 peserta didik. Instrumen penelitian dalam yang digunakan yakni tes berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal, jika benar mendapat skor 5 dan jika salah 0, sementara lembar observasi terdiri dari 6 aspek pengamatan dengan skor pengamatan terdiri dari 1-4. Ketuntasan hasil belajar dalam penelitian ini mencapai 80% dari jumlah keseluruhan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 5,97. Ketuntasan belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I sebesar 63,89% dan siklus II sebesar 86,11%, dimana diperoleh peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 22,22%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inside outside circle (IOC) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2019/2020

Published

2022-07-12

How to Cite

Arga, K. I. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CYRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA PESERTA DIDIK KELAS X. JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 2(2), 107–116. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/769