PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA PESERTA DIDIK MAN 1 PESAWARAN
Keywords:
Strategi Pembelajaran Role Playing, Hasil BelajarAbstract
Masalah dalam penelitian di MAN 1 Pesawaran adalah masih rendahnya hasil belajar, pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher centered), masih minimnya interaksi antar siswa dalam belajar dan proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran role playing yang belum diterapkan di MAN 1 Pesawaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran role playing terhadap hasil belajar ekonomi pada peserta didik kelas X.IPS semester genap MAN 1 Pesawaran tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran role playing. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.IPS yang berjumlah 110 siswa, sampel terdiri dari kelas X.IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan X.IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang. Pengujian hipotesis menggunakan rumus statistik ttest. Berdasarkan pengujian homogenitas varians kedua sampel didapat Fhit < Fdaf yakni 1,46<1,80 dan uji normalitas data yang diperoleh dari kelas eksperimen X2hit = 3,48 dan kelas kontrol X2hit = 2,76, dimana X2daf = 7,81 dimana nilai X2hit < X2hit. Dalam pengujian hipotesis dan perhitungan data hasil belajar ekonomi menggunakan rumus statistik, di dapat thit = 3,23 dan ttab = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Ini berarti ada pengaruh strategi pembelajaran role playing terhadap hasil belajar ekonomi pada peserta didik MAN 1 Pesawaran.