PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN SISWA DI SMP MA’ARIF 4 PAMEKASAN
Keywords:
Bimbingan kelompok, Teknik modelling, Etika pergaulanAbstract
Pada era millennial sangat penting untuk menerapkan etika pergaulan yang baik terutama bagi siswa kelas VII dikarenakan siswa berada pada masa peralihan dari jenjang sekolah dasar menuju jenjang sekolah menengah pertama. Pada masa itulah siswa yang baru beradaptasi dapat dikatakan labil dalam berperilaku dikarenakan pengaruh arus pergaulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan etika pergaulan siswa. Berdasarkan hal tersebut, terdapat pokok permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu: pertama, untuk mengetahui gambaran etika pergaulan siswa SMP Ma’arif 4 Pamekasan, kedua, untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan etika pergaulan siswa SMP Ma’arif 4 Pamekasan. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Peneliti melaksanakan secara langsung penelitian dengan memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling kepada siswa yang bertujuan untuk meningkatkan etika pergaulan siswa. Sumber data yang diperoleh melalui hasil angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru BK dan wali kelas VIIA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, etika pergaulan siswa kelas VIIA di SMP Ma’arif 4 Pamekasan masih terbilang rendah. Hal tersebut dipaparkan oleh guru BK dan guru wali kelas VIIA saat peneliti melakukan wawancara. Kedua, penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan etika pergaulan siswa kelas VIIA SMP Ma’arif 4 Pamekasan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil angket dari pra siklus dengan nilai rata-rata 61,27% yang meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,13% dan juga semakin meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,39%
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.