UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA MATERI KERAJAAN HINDU BUDDHA DI INDONESIA SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • C. Sindi Prasetiani
  • Wawat Suryati
  • Ozi Hendratama

Keywords:

Metode Pembelajaran Time Token, Hasil Belajar Sejarah

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) rendahnya hasil belajar dalam mata pelajaran sejarah, 2) kurang aktifnya siswa kelas dalam mengikuti pembelajaran sejarah dan 3) model pembelajaran yang digunakan guru kurang beragam dan berrvariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sejarah menggunakan metode pembelajaran time token pada siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Banyumas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru mata pelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Banyumas yang berjumlah 30 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yang terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap aktivitas siswa siklus I menunjukkan persentase sebesar 64,29% yang termasuk dalam kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 85,71% dalam kategori sangat baik. Penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sejarah siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari bertambahnya nilai ketuntasan hasil belajar siswa. Pada siklus I memperoleh ketuntasan belajar sebesar 66,67% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan dengan memperoleh ketuntasan sebesar 86,67%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran time token dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kerajaan Hindu Buddha di Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 1 Banyumas.

References

Arikunto, Suharsimi dkk. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asnita, A., & Khair, U. (2020). Penerapan model pembelajaran time token untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1), 53-74.

Bribin, M., & Uf, S. (2023). Peningkatan Keakttifan dan Hasil Belajar Melalui Metode Time Token Siswa Kelas XI SMK Negeri 6 Kupang. Jurnal Kolaborasi, 1(1), 43-50.

Budiyantyo, Agus Krisno, SINTAKS 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL), Malang:Universitas Muhammadiyah Malang, 2016

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: Puskur.

Djamarah, S. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fanani, H., & Pramukantoro, J. A. (2013). Pengaruh Teknik Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Dasar-Dasar Kelistrikan di SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 829-836.

Khatimah, Husnul. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makasar. Tersedia (Online) di file https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/3268-Full_Text.pdf. Diunduh pada tanggal 14 November 2023.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalis Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Patonah, R., & Suitela, A. P. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Metode Time Token. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 8(1), 15-26.

Riana, R., & Hulu, L. S. P. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas Melalui Model Cooperative Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 552-558.

Rumini, R., & Wardani, N. S. (2016). Upaya peningkatan hasil belajar tema berbagai pekerjaan melalui model discovery learning siswa kelas 4 SDN Kutoharjo 01 Pati Kabupaten Pati semester 1 tahun ajaran 2014-2015. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 19-40.

Sanjaya, Wina, PENELITIAN TINDAKAN KELAS, Jakarta:Kencana, 2009

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS. Pendidikan IPS.

Setiawan, Raden Heri. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Time Token Arends. Tersedia (Online) di file:///C:/Users/DELL/Downloads/259-Article%20Text-1025-1-10-20210208.pdf Diunduh pada tanggal 14 November 2023.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruuz Media.

Son, R. S. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Scholaria: Jurrnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 284-291.

Sudjana.(2010). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2010

Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah: Isu, Gagasan, dan Strategi Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Utami, Tri. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS di Kelas V MIS Bina Keluarga Jl. Setia Budi No. 18 Kel. Indra Kasih Kec. Medan Tembung Tahun Ajaran 2018/2019. Tersedia (Online) di file http://repository.uinsu.ac.id/6390/1/Skripsi%20Tri%20Utami%20Asli.pdf. Diunduh pada tanggal 14 November 2023.

Wijaya, I. W., Lasmawan, M. P. P. I. W., & Suastra, M. P. P. I. W. (2005). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat siswa terhadap pelajaran IPA pada siswa SD di gugus IV Kecamatan Manggis (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

C. Sindi Prasetiani, Wawat Suryati, & Hendratama, O. . (2024). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA MATERI KERAJAAN HINDU BUDDHA DI INDONESIA SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Storia: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Humaniora, 5(1), 11–27. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/storia/article/view/1533

Issue

Section

Articles