PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MAN 1 BIMA
Abstract
Peneitian ini bertujuanuntuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh profesionalisme guru terhadap proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam bidang studi sejarah.Metode penelitian menggunakan metode Ex Post Factodengan logika dasar jika X makaY (Jika profesionalisme guru tinggi maka hasil belajar siswa meningkat/tinggi).Data penelitian diperoleh melalui angket yang diberikan kepada peserta didik kelas XI IPS yang dipilih secara acak, observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Teknik pengumpulan sampel dengan menggunakan proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa F hitung sebesar 74,163 > F table pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,938 ini berartiterdapat pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dalam bidang studi sejarah dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN 1 Bima.