PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MENCARI INFORMASI (INFORMATION SEARCH) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 GEDUNG MENENG TULANG BAWANG

Authors

  • Rizka Puspita Sari STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Siti Zahra Bulantika STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Sri Murni STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Fiki Prayogi STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Informasi, hasil belajar, sejarah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran mencari informasi (information search) terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Gedung Meneng Tulang Bawang. Penelitian ini, menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedung Meneng Tulang Bawang yang berjumlah 150 orang, dimana sampel terdiri dari kelas X.1 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 39 siswa dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 siswa. Pengukuran data yang dilakukan dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran mencari informasi (information search) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Gedung Meneng Tulang Bawang. Hasil pengujian hipotesis pada uji kesamaan dua rata-rata dan perhitungan data hasil belajar sejarah dengan menggunakan rumus statistik, maka di dapat thit = 8,30 dan ttab= 2,00 pada taraf signifikan 5%. Hasil tersebut menunjukkan ada pengaruh pembelajaran mencari informasi (information search) terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Gedung Meneng Tulang Bawang.

References

Arifin, Zainal & Adhi Setiawan. (2012). Pengembangan Pembelajaran Aktif

dengan ICT. Yogyakarta : Skripta Media Creative.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta : Rineka Cipta.

Djahiri, Kosasih. (1994). Pengembangan Kemampuan Guru IPS Sekolah

Dasar.Lab. PPKN FPIPS IKIP Bandung.

Hadi, Sutrisno. (2002). Statistik.Yogyakarta : Andi.

Hamalik. Oemar. (2008).Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.

Hamruni.(2012). Strategi Pembelajaran.Yogyakarta : Insan Madani.

Isjoni.(2007). Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Kochhar, S.K. (2008). Pembelajaran Sejarah. Terjemahan Purwanta dan Yovita

Hardiati.Jakarta : Grasindo

Sapriya.(2009). Pendidikan IPS. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sudjana.(2010). Metode Statistika.Bandung : Tarsito.

Suherman, Eman. (2005). Menulis Karya Ilmiyah.Jakarta: Alfabeta

Trianto.(2010). Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta : Kencana

Widiyanto, Nur. (2000). Strategi Pembelajaran di Kelas.Jakarta : Rineka Cipta.

Riyantiokta.(2013).Contoh Strategi Dan Kelemahannya. Diakses di http://

contoh-strategi-dan-kelebihan-nya.blogspot.com. html.

Pada hari Selasa 12 Januari 2016

Rusmanto.(2013). Model Pembelajaran Inovatif Pissml. Diakses di http:// model-

pembelajaran-inovatif-pissml. blogspot.co.id. html.

Pada hari minggu 13 Maret 2016

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Rizka Puspita Sari, Siti Zahra Bulantika, Sri Murni, & Fiki Prayogi. (2023). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MENCARI INFORMASI (INFORMATION SEARCH) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 GEDUNG MENENG TULANG BAWANG . JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration, 3(2), 13–33. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/jgci/article/view/1048