EFEKTIFITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA
Keywords:
sosiodrama, hubungan social, remajaAbstract
Hubungan interpersonal adalah hubungan yang terdiri atas dua orang atau lebih yang memiliki ketergantungan satu sama lain dan menggunakan pola interaksi yang konsisten. Ketika akan menjalin hubungan interpersonal, akan terdapat suatu proses dan biasanya dimulai dengan interpersonal attraction. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hubungan interpersonal siswa dengan menggunakan teknik sosiodrama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 218 siswa dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa atau 10% dari total populasi. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Berdasarkan hasil dari penerapan teknik sosiodrama dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan dan konseling dengan menggunakan teknik sosiodrama telah mampu meningkatkan hubungan interpesonal siswa.
References
Alpent, M. (1998).Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Refika Aditama
Anitah, (2009).Psikologi Remaja; Petunjuk Bagi Guru dan Orang Tua. Bandung: CV. Pustaka Setia
Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Charles R. Berger (1995). Psychology, Fifth Edition. Jakarta: Erlangga
Djumhur & Muh Surya, 2001).Bimbingan dan Konseling. Surakarta: Yama Pustaka
Hasan, (1996). Dinamika Komunikasi. Yogyakarta: Kanisius
Hasan, (1996).Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT. Radja Grafindo
Hurlock, (1995). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. Terj.Istiwidayati &Soedjarwo. Jakarta: Erlangga
Kellermann, (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung PT. Remaja Roesdakarya
Komalasari, Dkk. (2011). Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.
Lapono (2008).Teori dan Teknik Bimbingan Kelompok. Bandung: Remadja Karya
Lwin, May (et al) (2008) Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta: PT Indeks.
Maklum. 2011. Prosedur Pelaksanaan Teknik Sosiodrama. (http://id.shvoong.com/social-sciences/counseling/2182171-sosiodrama/). Diakses pada tanggal 14 Oktober 2015.Tidak diterbitkan.
Mulyasa (2009). Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosianal Siswa. Bandung: CV. Pustaka Setia
Muthoharoh, Hafiz. 2010. Metode Sosiodrama dan Bermain Peranan (Role Playing Method).(http://alhafizh84.wordpress.com/2010/01/16/metode-sosiodrama-dan-bermain-peranan-role-playing-method/) diakses pada tanggal 14 Oktober 2015. Tidak diterbitkan.
Natawijaya, (1997).Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press
Roestiyah (2001) Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Romlah, Tatiek (1999). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas negeri Malang Press
Virgin. (2011). Teknik sosiodrama dan psikodrama bimbingan dan konseling. (http://misscounseling.blogspot.com/2011/03/tehnik-sosiodrama-dan psikodrama.html) diakses pada tanggal 14 Oktober 2015. Tidak diterbitkan.
William Wilmot(1997) Bimbingan di Sekolah. Bandung: Sinar Baru
Wingkel.(2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia.
Wiryaman (2000).Komunikasi antar pribadi tinjauan psikologi. Yogyakarta: Kanisius
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.