EFEKTIFITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA

Authors

  • Siti Zahra Bulantika STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Sa'adah Universitas Negeri Semarang

Keywords:

sosiodrama, hubungan social, remaja

Abstract

Hubungan interpersonal adalah hubungan yang terdiri atas dua orang atau lebih yang memiliki ketergantungan satu sama lain dan menggunakan pola interaksi yang konsisten. Ketika akan menjalin hubungan interpersonal, akan terdapat suatu proses dan biasanya dimulai dengan interpersonal attraction. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hubungan interpersonal siswa dengan menggunakan teknik sosiodrama.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.  Populasi dalam penelitian ini berjumlah 218 siswa dari 6 kelas.  Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa atau 10% dari total populasi.  Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan purposive random sampling.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Berdasarkan hasil dari penerapan teknik sosiodrama dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan dan konseling dengan menggunakan teknik sosiodrama telah mampu meningkatkan hubungan interpesonal siswa.

References

Alpent, M. (1998).Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Refika Aditama

Anitah, (2009).Psikologi Remaja; Petunjuk Bagi Guru dan Orang Tua. Bandung: CV. Pustaka Setia

Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Charles R. Berger (1995). Psychology, Fifth Edition. Jakarta: Erlangga

Djumhur & Muh Surya, 2001).Bimbingan dan Konseling. Surakarta: Yama Pustaka

Hasan, (1996). Dinamika Komunikasi. Yogyakarta: Kanisius

Hasan, (1996).Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT. Radja Grafindo

Hurlock, (1995). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. Terj.Istiwidayati &Soedjarwo. Jakarta: Erlangga

Kellermann, (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung PT. Remaja Roesdakarya

Komalasari, Dkk. (2011). Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.

Lapono (2008).Teori dan Teknik Bimbingan Kelompok. Bandung: Remadja Karya

Lwin, May (et al) (2008) Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta: PT Indeks.

Maklum. 2011. Prosedur Pelaksanaan Teknik Sosiodrama. (http://id.shvoong.com/social-sciences/counseling/2182171-sosiodrama/). Diakses pada tanggal 14 Oktober 2015.Tidak diterbitkan.

Mulyasa (2009). Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosianal Siswa. Bandung: CV. Pustaka Setia

Muthoharoh, Hafiz. 2010. Metode Sosiodrama dan Bermain Peranan (Role Playing Method).(http://alhafizh84.wordpress.com/2010/01/16/metode-sosiodrama-dan-bermain-peranan-role-playing-method/) diakses pada tanggal 14 Oktober 2015. Tidak diterbitkan.

Natawijaya, (1997).Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press

Roestiyah (2001) Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Romlah, Tatiek (1999). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas negeri Malang Press

Virgin. (2011). Teknik sosiodrama dan psikodrama bimbingan dan konseling. (http://misscounseling.blogspot.com/2011/03/tehnik-sosiodrama-dan psikodrama.html) diakses pada tanggal 14 Oktober 2015. Tidak diterbitkan.

William Wilmot(1997) Bimbingan di Sekolah. Bandung: Sinar Baru

Wingkel.(2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia.

Wiryaman (2000).Komunikasi antar pribadi tinjauan psikologi. Yogyakarta: Kanisius

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Siti Zahra Bulantika, & Sa’adah. (2023). EFEKTIFITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA . JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration, 2(1), 1–14. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/jgci/article/view/1039

Most read articles by the same author(s)