UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 PALAPA BANDAR LAMPUNG
Keywords:
Kualitas belajar, Kondisi lingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui kondisi lingkungan sekolah yang mempengaruhi kualitas belajar peserta didik. 2. Mengetahui gambaran kualitas peserta didik dalam belajar. 3. Pengaruh kondisi lingungan yang kurang memadai bagi peserta didik. Lingkungan belajar menjadi faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar menggambar peserta didik. Peserta didik yang memeroleh lingkungan belajar yang baik dan motivasi belajar yang tinggi akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar menggambar peserta didik. Semakin baik kualitas lingkungan belajar yang diperoleh maka hasil belajar menggambar akan semakin tinggi pula. Selain lingkungan mempengaruhi kualitas belajar peserta didik peran guru bimbingan konseling untuk menggali potensi peserta didik yang mempunyai kualitas belajar tinggi. Dalam hal ini guru BK disekolah dasar negeri 1 palapa bandar lampung belum ada dan bagaimana peran guru BK itu sendri digantikan dengan wali kelas yang memahami peserta didik dalam perkembangannya dan masalah yang dihadapi peserta didik tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih kurang efektif kualitas belajar peserta didik dilihat dari lingkungan sekolah serta pentingnya peran guru BK dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di sekolah tersebut.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.