UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 PALAPA BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Sri Murni STKIP PGRI BANDAR LAMPUNG
  • Permata Sari
  • Rubi Rimonda

Keywords:

Kualitas belajar, Kondisi lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui kondisi lingkungan sekolah yang mempengaruhi kualitas belajar peserta didik. 2. Mengetahui gambaran kualitas peserta didik dalam belajar. 3. Pengaruh kondisi lingungan yang kurang memadai bagi peserta didik. Lingkungan belajar menjadi faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar menggambar peserta didik. Peserta didik yang memeroleh lingkungan belajar yang baik dan motivasi belajar yang tinggi akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar menggambar peserta didik. Semakin baik kualitas lingkungan belajar yang diperoleh maka hasil belajar menggambar akan semakin tinggi pula. Selain lingkungan mempengaruhi kualitas belajar peserta didik peran guru bimbingan konseling untuk menggali potensi peserta didik yang mempunyai kualitas belajar tinggi. Dalam hal ini guru BK disekolah dasar negeri 1 palapa bandar lampung belum ada dan bagaimana peran guru BK itu sendri digantikan dengan wali kelas yang memahami peserta didik dalam perkembangannya dan masalah yang dihadapi peserta didik tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih kurang efektif kualitas belajar peserta didik dilihat dari lingkungan sekolah serta pentingnya peran guru BK dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di sekolah tersebut.

Downloads

Published

2022-04-26

How to Cite

Sri Murni, Permata Sari, & Rubi Rimonda. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 PALAPA BANDAR LAMPUNG. JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration, 1(1), 29–40. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/jgci/article/view/535