PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MENCARI INFORMASI (INFORMATION SEARCH) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 GEDUNG MENENG TULANG BAWANG
Keywords:
Informasi, hasil belajar, sejarahAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran mencari informasi (information search) terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Gedung Meneng Tulang Bawang. Penelitian ini, menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedung Meneng Tulang Bawang yang berjumlah 150 orang, dimana sampel terdiri dari kelas X.1 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 39 siswa dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 siswa. Pengukuran data yang dilakukan dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran mencari informasi (information search) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Gedung Meneng Tulang Bawang. Hasil pengujian hipotesis pada uji kesamaan dua rata-rata dan perhitungan data hasil belajar sejarah dengan menggunakan rumus statistik, maka di dapat thit = 8,30 dan ttab= 2,00 pada taraf signifikan 5%. Hasil tersebut menunjukkan ada pengaruh pembelajaran mencari informasi (information search) terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Gedung Meneng Tulang Bawang.
References
Arifin, Zainal & Adhi Setiawan. (2012). Pengembangan Pembelajaran Aktif
dengan ICT. Yogyakarta : Skripta Media Creative.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta : Rineka Cipta.
Djahiri, Kosasih. (1994). Pengembangan Kemampuan Guru IPS Sekolah
Dasar.Lab. PPKN FPIPS IKIP Bandung.
Hadi, Sutrisno. (2002). Statistik.Yogyakarta : Andi.
Hamalik. Oemar. (2008).Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Hamruni.(2012). Strategi Pembelajaran.Yogyakarta : Insan Madani.
Isjoni.(2007). Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Kochhar, S.K. (2008). Pembelajaran Sejarah. Terjemahan Purwanta dan Yovita
Hardiati.Jakarta : Grasindo
Sapriya.(2009). Pendidikan IPS. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sudjana.(2010). Metode Statistika.Bandung : Tarsito.
Suherman, Eman. (2005). Menulis Karya Ilmiyah.Jakarta: Alfabeta
Trianto.(2010). Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta : Kencana
Widiyanto, Nur. (2000). Strategi Pembelajaran di Kelas.Jakarta : Rineka Cipta.
Riyantiokta.(2013).Contoh Strategi Dan Kelemahannya. Diakses di http://
contoh-strategi-dan-kelebihan-nya.blogspot.com. html.
Pada hari Selasa 12 Januari 2016
Rusmanto.(2013). Model Pembelajaran Inovatif Pissml. Diakses di http:// model-
pembelajaran-inovatif-pissml. blogspot.co.id. html.
Pada hari minggu 13 Maret 2016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rizka Puspita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.