PENGARUH KOMUNIKASI ORANGTUA DENGAN GURU TERHADAP PROSES PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP SD NEGERI 1 BERINGIN RAYA

Authors

  • Mareyke Jessy Tanod STKIP PGRI BANDAR LAMPUNG
  • Noviana Diswantika

Keywords:

Orangtua, Komunikasi,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Komunikasi antara guru dan orang tua di SD Negeri 1 Beringin Raya, 2. Gambaran kualitas belajar di SD Negeri 1 Beringin Raya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan metode kualitatif. Variabel penelitian terdiri dari komunikasi orang tua dan guru wali kelas dan kualitas belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Beringin Raya, subjek penelitian ini adalah wali kelas dan kepala sekolah Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kurang komunikasi antara guru dengan wali murid di SD negeri 1 Beingin Raya. Hal tersebut menunjukan bahwa pengaruh komunikasi orang tua dengan guru kurang baik, dikarenakan karena belum memililiki keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif,orang tua menyerahkan tanggung jawab sepenuhnya kepada guru di sekolah.Pengaruh komunikasi antara orang dengan guru terhadap peningkatan kualitas pembelajaran yang kurang berkualitas, Kualitas media pembelajaran, dan Sistem Pembelajaran di sekolah. Gambaran Pengaruh komunikasi orang tua dengan guru terhadap peningkatan kualitas belajar di kelas V di SD Negeri 1 Beringin Raya berada pada kategori kurang kuat hal tersebut menunjukkan bahwa apabila komunikasi orang tua dengan guru kurang baik. Kualiats pembelajaran kelas V baik tapi apabila sebaliknya komunikasi orang tua dengan guru tidak berjalan dengan baik maka berpengaruh tidak baik juga pada kualitas pembelajaran pada siswa.

 

Downloads

Published

2022-04-26

How to Cite

Mareyke Jessy Tanod, & Diswantika, N. (2022). PENGARUH KOMUNIKASI ORANGTUA DENGAN GURU TERHADAP PROSES PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP SD NEGERI 1 BERINGIN RAYA . JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration, 1(1), 41–46. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/jgci/article/view/534