PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MORAL DAN ETIKA PADA SISWA

Authors

  • Siti Zahra Bulantika STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Fadila May Sari STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Pola Asuh Orang Tua, Moral, Etika

Abstract

Bentuk-bentuk pola asuh orang tua sangat erat hubungannya dengan kepribadian anak setelah ia menjadi dewasa. Hal ini dikarenakan ciri-ciri dan unsur watak seorang individu dewasa sebenarnya sudah diletakan benih-benihnya ke dalam jiwa sesorang individu sejak sangat awal, yaitu pada masa dia masih kanak-kanak. Masing-masing orang tua memiliki pola asuh tersendiri dalam mengarahkan prilaku anak. hal ini sangat berpengaruh oleh latar belakang pendidikan orang tua, mata pencaharian, keadaan sosial ekonomi, adat istiadat, dan sebagainya. Interaksi orang tua pada anak tentunya sangat mempengaruhi perkembangan moral anak. karena pada dasarnya, perkembangan moral anak itu tidak bisa terjadi secara cepat akan tetapi perkembangan moral pada anak itu berjalan secara bertahap interaksi orang tua pada anak tentunya sangat mempengaruhi perkembangan moral dan etika pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap  moral dan etika pada siswa di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Dimana peneliti berfokus pada penaksiran terhadap korelasi dan variabel. Alat pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode pokok, serta dokumentasi dalam studi kepustakaan sebagai metode pelengkap populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasn XI dengan mengambil sampel sebanyak 69 siswa. Berdasarkan pengolahan dan analisis angket terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap moral dan etika pada siswa di SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG.

References

Etika Dasar, Yogyakarta: Kanisius, 1987.

Asri Budiningsih. Pembelajaran Moral Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budaya, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Asri Budiningsih. Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Siswa dan Budayanya. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Dian Ibung. Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009.

Franz Magniz, Suseno, Etika Dasar Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral, Yogyakarta: Kanisius, 1997

Hamid Darmadi, Dasar Konsep Pendidikan Moral, Bandung: Alfabeta, 2012.

Heri Gunawan. Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasinya). Bandung: Alfabeta, 2012.

Hudi, Ilham. “Pengaruh Pengetahuan Moral (Moral Knowing) Terhadap Perilaku Moral (Moral Action) Pada Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru Berdasarkan Pendidikan Orangtua.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 2, no. 1 (2017): 30–44.

KARAKTER REMAJA (Studi Kasus Remaja Peminum Tuak di Kelurahan Suli Kecamatan Suli Kabupaten Luwu).” Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah 3, no. 1 (2017): 59–72.

Mannan, Audah. “PEMBINAAN MORAL DALAM MEMBENTUK

Mohammad Ali, dan Mohammad Asrori. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Nurul Zuriah, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan,Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2007

Nurul Zuriah. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan.Jakarta: Bumi Aksara, 2015

Purwa Hadiwardoyo, Moral dan Masalahnya, Jakarta: Kanisius. 1994.

Sonny Keraf, Etika Lingkungan, Jakarta: Buku Kompas, 2002.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009

Zulkarimein Nasution, Etika Jurnalisme Prinsip-prinsip Dasar, Jakarta: Rajawal,Pers, 2015

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Siti Zahra Bulantika, & Fadila May Sari. (2022). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MORAL DAN ETIKA PADA SISWA . JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration, 3(1), 50–60. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/jgci/article/view/1086

Most read articles by the same author(s)