PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PENCAPAIAN TUGAS PERKEMBANGAN SISWA

Authors

  • Sri Murni STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Dharlinda Suri Damiri STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Siti Zahra Bulantika STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Pola asuh, perkembangan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada/tidaknya perbedaan pengaruh pola asuh orang tua terhadap pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Metode penelitian yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif komparatif, yaitu menganalisis perbedaan pengaruh pola asuh orang tua terhadap pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa.

Hasil penelitian kemudian di olah dalam uji hipotesis menggunakan rumus anava satu arah sehingga mendapatkan hasil nilai F = 8,25 dengan dk pembilang 2 dan dk penyebut 28 di dapatkan nilai F tabel = 3,34 pada taraf 5% dan 5,45 pada taraf 1%. yang artinya nilai F = 8,25 lebih besar dari F tabel = 3,34 pada taraf 5% dan 5,45 pada taraf 1%. Dengan data tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh pola asuh demokratis, otoriter dan permisif terhadap pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa sma Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Dimana pola asuh yang menunjukkan nilai rata-rata tertinggi terhadap pencapaian tugas-tugas perkembangan merupakan pola asuh demokratis dengan nilai rata-rata = 72%, otoriter = 67,71%, dan permisif = 66,57%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang memiliki pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pola asuh otoriter dan permisif dalam pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa.

References

Ali, Mohamad. 1985. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi, Bandung : Angkasa

Ali, Mohammad & Mohammad Asrori. 2004. PsikologiRemaja

(PerkembanganPesertaDidik). Jakarta:BumiAksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. ProsedurPenelitian (SuatuPendekatanPraktek). Jakarta:RinekaCipta.

Azwar, Saifuddin. 2001. MetodePenelitian. Yogyakarta: PustakaPelajar

Offset.

Dariyo, Agoes. 2004. PsikologiPerkembanganRemaja. Jakarta: Ghalia

Indonesia

Nurihsan, Juntika. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar

Belakang, Bandung : PT.Refika Aditama

Fudyartanta, Ki. 2012. Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : Pustaka

Pelajar

Hurlock, E., B. (2003). PsikologiPerkembangan: SuatuPendekatan

SepanjangRentanKehidupan. Jakarta: Erlangga.

Prasetya, G. Tembong. 2003. PolaPengasuhan Ideal. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Soehartono, Irawan. 1995. MetodePenelitianSosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thoha, chabib. 1996. KapitaSelektaPendidikan Islam, Yogyakarta:Pustaka Pelajar (IKAPI).

Usman, Husaini. 2000. RemajaBerkualitas, ProblematikaRemajadan Solusinya, Yogyakarta :PustakaPelajar.

Winarsunu, Tulus. 2004. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Yusuf, Syamsu L.N & Sugandhi Nani. M. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Sri Murni, Dharlinda Suri Damiri, & Siti Zahra Bulantika. (2023). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PENCAPAIAN TUGAS PERKEMBANGAN SISWA . JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration, 3(2), 1–12. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/jgci/article/view/1047

Most read articles by the same author(s)