PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PENCAPAIAN TUGAS PERKEMBANGAN SISWA
Keywords:
Pola asuh, perkembanganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada/tidaknya perbedaan pengaruh pola asuh orang tua terhadap pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Metode penelitian yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif komparatif, yaitu menganalisis perbedaan pengaruh pola asuh orang tua terhadap pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa.
Hasil penelitian kemudian di olah dalam uji hipotesis menggunakan rumus anava satu arah sehingga mendapatkan hasil nilai F = 8,25 dengan dk pembilang 2 dan dk penyebut 28 di dapatkan nilai F tabel = 3,34 pada taraf 5% dan 5,45 pada taraf 1%. yang artinya nilai F = 8,25 lebih besar dari F tabel = 3,34 pada taraf 5% dan 5,45 pada taraf 1%. Dengan data tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh pola asuh demokratis, otoriter dan permisif terhadap pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa sma Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Dimana pola asuh yang menunjukkan nilai rata-rata tertinggi terhadap pencapaian tugas-tugas perkembangan merupakan pola asuh demokratis dengan nilai rata-rata = 72%, otoriter = 67,71%, dan permisif = 66,57%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang memiliki pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pola asuh otoriter dan permisif dalam pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa.
References
Ali, Mohamad. 1985. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi, Bandung : Angkasa
Ali, Mohammad & Mohammad Asrori. 2004. PsikologiRemaja
(PerkembanganPesertaDidik). Jakarta:BumiAksara.
Arikunto, Suharsimi. 2002. ProsedurPenelitian (SuatuPendekatanPraktek). Jakarta:RinekaCipta.
Azwar, Saifuddin. 2001. MetodePenelitian. Yogyakarta: PustakaPelajar
Offset.
Dariyo, Agoes. 2004. PsikologiPerkembanganRemaja. Jakarta: Ghalia
Indonesia
Nurihsan, Juntika. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar
Belakang, Bandung : PT.Refika Aditama
Fudyartanta, Ki. 2012. Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : Pustaka
Pelajar
Hurlock, E., B. (2003). PsikologiPerkembangan: SuatuPendekatan
SepanjangRentanKehidupan. Jakarta: Erlangga.
Prasetya, G. Tembong. 2003. PolaPengasuhan Ideal. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Soehartono, Irawan. 1995. MetodePenelitianSosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thoha, chabib. 1996. KapitaSelektaPendidikan Islam, Yogyakarta:Pustaka Pelajar (IKAPI).
Usman, Husaini. 2000. RemajaBerkualitas, ProblematikaRemajadan Solusinya, Yogyakarta :PustakaPelajar.
Winarsunu, Tulus. 2004. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.
Yusuf, Syamsu L.N & Sugandhi Nani. M. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri Murni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.