EFEKTIVITAS TOKEN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SLOWLEARNER DI SD N 1 TRIMULYO KECAMATAN TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Rizka Puspita Sari STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Siti Zahra Bulantika STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Shafa Nur Azizah STKIP PGRI Bandar lampung
  • Tiara Nadalifa
  • Ully Nafiah STKIP PGRI Bandar lampung

Keywords:

Token Ekonomi, Motivasi belajar, Slow learner

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode belajar dengan token ekonomi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa slowlearner di SD N 1 Trimulyo Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan single subject research. Jumlah partisipan dalam penelitian ini berjumlah satu siswa yang mengalami lamban belajar (slow learner) berusia 8 tahun 6 bulan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tes psikologi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis grafik yang melihat perubahan antara kondisi baseline. Berdasarkan grafik yang diperoleh diketahui bahwa terjadi peningkatan pada baseline A2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode token ekonomi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa slow learner di SD N 1 Trimulyo Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.

References

Ahmadi, A & Supriyono, W. (2004). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hopkins, B. (2008). The child who is a slow learner. Teachers resource manual. Cortland: State University of New York.

Martin, G., & Joseph., P. (2015). Modifikasi perilaku: Makna dan penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reddy, G. L. (2006). Slow learners their psychology and instruction. New Delhi: Discovery Publishing House.

Sari, R. P., Bulantika, S. Z., & Murni, S. (2022). Stimulus Fading Techniques and Token Economic Techniques to Increase Talk Ability in Selective Mutism Students. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 9(1), 61–68.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. BandungL Alfabeta.

Sunanto, Juang., dkk. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Center for Research on International Cooperation in Education Development. University of Tsukuba.

Uno, H. B. (2009). Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Rizka Puspita Sari, Siti Zahra Bulantika, Shafa Nur Azizah, Tiara Nadalifa, & Ully Nafiah. (2022). EFEKTIVITAS TOKEN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SLOWLEARNER DI SD N 1 TRIMULYO KECAMATAN TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN. JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration, 3(1), 15–21. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/jgci/article/view/1083

Most read articles by the same author(s)